HKTI Sumut Gelar Musda

HKTI Sumut Gelar Musda

Diposkan: 15 Apr 2018 Dibaca: 44 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumut, Sabtu (14/4/2018) menggelar musyawarah daerah (Musda).  Melalui wadah ini diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan yang dihadapi petani agar produknya semakin berkualitas dan berdaya saing.  Sehingga para petani bisa menjadi kaya.

“Kita harus merubah pola pikir, jangan lagi berfikir tentang apa. Kita sudah tahu itu tentang apa petani, sawah, kesulitannya. Kedepan kita harus berpikir bagaimana mengatasi persoalan bagaimana agar produk yang dihasilkan petani berkualitas, kuantitasnya bisa terpenuhi,”ujar Dewan Pakar Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Mayjen TNI (Purn) Wiston Pardamean Simanjuntak pada Musyawarah HKTI Sumut, di Garuda Plaza Hotel.

Pihaknya berharap agar kepengurusan baru yang terpilih nantinya bisa melakukan sinergitas dengan berbagai pihak. “Harus bisa melakukan sinergitas, membangun sistem. Jika tidak, kita tidak akan bisa bersaing dengan orang luar,”ujarnya.

Selain itu dia juga menyebutkan petani harus berpikir keras. Sementara HKTI dalam membina petani juga harus punya cara pandang yang tepat. “Untuk itu, pemimpin harus punya dorongan dan bertanggungjawab. Jangan hanya  bisa mengkritisi tanpa solusi,”ujarnya seraya berharap bisa bekerjasama dan menemukan tehnologi yang bisa meningkatkan kualitas, sehingga bisa bersiang dengan produk luar negeri.

“Sebab dari segi kualitas, beras ataupun buah-buah kita dengan Jepang tidak bisa bersaing. Karena unsur-unsur yang terkadang didalamnya tidak menjamin untuk membuat mereka sehat,”ujarnya.

Sementara Dewan penasehat HKTI Sumut, Paulus Sinambela, menyebutkan wadah tersebut tidak hanya sekedar penghilang rasa sakit bagi petani. hal ini menjadi tantangan bagi pengurus yang baru nantinya. “Inilah tantangan kita. harapannya saya, di Musda ini betul-betul bisa melahirkan kepengurusan yang sesuai dengan kebutuhan pertanian khususnya di Sumut,”ujarnya.

Gubernur Sumut, T Erry Nuradi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Azhar Harahap menyebutkan keberadaan HKTI akan mampu memberikan nilai tambah bagi pemerintah daerah untuk bersama-sama mensejahterakan petani melalui perwujudan ketahanan pangan.

Sementara Pjs Ketua HKTI Sumut, Syafrizal menyebutkan banyak menemukan persoalan yang dihadapi petani di Sumut, seperti legalitas, permodalan, pemasaran hasil pertanian. Dengan banyak persoalan ini, pihaknya akan mencoba membantu petani untuk mendapatkan solusi. “Nantnya semuanya, insyaAllah akan menjadi program kedepan,”ujarnya. (UKM01)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved