IWAPI Gelar Sosialisasi KUR

IWAPI  Gelar Sosialisasi KUR

Diposkan: 20 Mar 2018 Dibaca: 42 kali


 

ukmkotamedan,

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sumatera Utara mengadakan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR). Melalui program bantuan permodalan ini dengan bunga rendah, diharapkan dapat membantu pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya.

Ketua IWAPI Sumut, Hj Rosna Nurleyli Siregar, Selasa (20/3/2018) dalam sambutannya, menyebutkan acara sosialisasi KUR IWAPI Sumut yang diselenggarakan tersebut bekerjasama dengan Bank Sumut bersama KPP Pratama Medan Polonia.

Menurutnya, permodalan menjadi salah satu hal penting dalam pengembangan usaha. Melalui acara sosialisasi ini, ,masyarakat khususnya anggota IWAPI diharapkan bisa mengakses dan mendapatkan bantuan permodalan.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan sejumlah pemateri seperti Divisi retail Bank Sumut masing-masing Donny Siregar dan Reza Fachrian serta dari KPP Pratama Medan Polonia, Ihsan.

Reza menyebutkan, pemerintah memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman permodalan. Salah satunyanya, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bungan rendah, 7% per tahun, atau turun 2% dari tahun 2016 lalu yang berada di posisi 9%.  KUR ini, bisa dimanfaatkan untuk memudahan dalam mengembangkan usaha untuk menambahkan kesejahteraan.

Selain itu, ada juga  pinjaman Sahabat Insan Pengusaha Pemula (SIPP) dengan bunga 6,99% pertahun yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai usaha minimal semester VI dengan IPK 2,5. “Ini menjadi salah satu konser Bank Sumut, di pendidikan,”ujarnya dan mereka yang mengajukan pinjaman ini mendapatkan rekomendasi dari kampus yang menyatakan dia mempunyai usaha, tanpa harus memiliki agunan.

Sementara pemateri lainnya, Ihsan menyebutkan sebagai pelaku usaha harus sadar pajak. Karena pajak ini sifatnya memaksa dan jika tidak membayar, akan ada funishman yang diberikan.

Apalagi usaha itu, semakin lama semakin berkembang, jika ternyata selama ini tidak pernah melakukan melaporkan kewajiban.  Akan membuat denda yang ada, semakin lama semakin besar.

Ketua panitia, Novita Sari menyebutkan sosialiasi yang digelar ini, sebagai upaya mengedukasi pelaku usaha untuk mendapatkan permodalan serta menjadi taat pajak sesuai sesuai dengan penghasilannya.

Sosialiasi ini sebutnya,menghadirkan pembicara Divisi retail Bank Sumut masing-masing Donny Siregar dan Reza fachrian serta dari KPP Pratama Medan Polonia, Ihsan. kegiatan sendiri diikuti sebanyak 120 peserta selain anggota Iwapi juga Forum Komunikasi Muslimah Indonesia (FKMI).

“Sosialiasi KUR dan pajak ini, untuk ngedukasi pelaku usaha, terkait perbankan. Pelaku usaha ini ada yang sangat awam, ada juga yang tidak tahu ketika mengajukan peminjaman, harus ada syarat yang harus dipenuhi,”ujarnya seperti neraca keuangan, kelengkapan berkas termasuk bagaimana mendapatkan bunga rendah. Sebab ada KUR khusus yang UMKM. ukm01

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved