Gerai Oleh-oleh Khas Medan, Sehari Bisa Raup Rp 1 Juta

Gerai Oleh-oleh Khas Medan, Sehari Bisa Raup Rp 1 Juta

Diposkan: 06 Feb 2018 Dibaca: 53 kali


ukmkotamedan
Gerai oleh-oleh khas Kota Medan yang baru dilaunching, memberikan angin segar  bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah  (UKM). Kehadirannya, diharapkan dapat meningkatkan omzet pelaku usaha. Setidaknya, dalam sepekan pasca beroperasi, gerai ini mampu meraup omzet hingga Rp 1 juta per harinya. Melalui Gerai ini, pelaku usaha optimis dalam memasarkan produknya, sehingga kedepan bisnisnya mampu naik kelas.

Kepala Dinas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Muslim, Senin (5/2/2018), menyebutkan sepekan pasca pembukaan gerai tersebut, rata-rata omzet mencapai Rp 1 juta. Bahkan penjualan tersebut diharapkan semakin terdongkrak dengan adanya  dukungan SKPD dan instansi terkait yang punya kepentingan mendatangkan wisatawan ke Medan.

"Ini untuk membantu pelaku usaha yang biasa susah untuk memasarkan produknya, disini kita fasilitasi. Pemasoknya dari pedagang yang kita
bina,"ujarnya.  Semua produk sambungnya, mempunyai peluang untuk dipasarkan di gerai tersebut. Baik binaan Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan ataupun tidak.

"Pokoknya pedagang kecil yang sudah memasarkan produknya. Namun tetap memperhatikan kemasannya," ujarnya seraya menambahkan hmapir semua produk yang masuk ke gerai oleh-oleh khas Kota Medan ini sudah dipasarkan juga secara online. Muslim juga menyebutkan pihaknya  memfasilitasi perizinan dari produk UKM. "Kita juga membantu dan memfasilitasi prizinan.. Dan semua produk yang disini izinnya sudah lengkap dan  dijamin halal,"ujarnya.

Dia pun semakin optimis omzet pelaku UKM ini akan semakin terdongkrak. Terlebih jika, produk pangan ini dipasok untuk kebutuhan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD)  untuk kegiatan pemko. “Insyaallah di tahun 2017, penjualan kue yang dibuat UKM mencapai Rp 218 juta,"ujarnya.

Disisi lain, Ketua Komunitas UKM Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Raden Suwardi, menyebutkan melalui fasilitas yang diberikan Dekranas melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, sudah ada sekira sebanyak 43 dari seratusan pelaku UKM  yang sudah bergabung dalam gerai ini. Berupa kuliner, termasuk kue basah. "Ini yang masuk  belum semua. Karena ynah bergabung legalitasnya harus lengkap. Jadi kalau masuk kemari agak seleketif," ujarnya seraya menambahkan di gerai tersebut banyak produk khas.

Tidak hanya itu, Raden pun berharap gerai tersebut tidak hanya berada di satu titik saja. Namun, bisa berkembang ke daerah lainnya. "Satu pekan pertama omzet kita sudah mencapai Rp 11 jutaan. Ini sangat lumayan,"ujarya seraya menambahkan untuk kedepan ditargetkan omzet ini bisa mencapai Rp 30 juta  hingga Rp 50 juta perbulannya .

Pelaku UKM lainnya,  Richi Siregar berharap gerai ini bisa bertahan lama. Sehingga seluruh UKM bisa memasarkan produknya, dalam waktu lama.  "Harapan kita , omzet penjualan semakin besar. Harapannya juga tamu dari luar kota juga bisa singgah kemari, sehingga omzet makin meningkat. Tidak hanya pancake, namun juga yang lainnya. ini bisa menjadi ikon UKM di Kota Medan,"ujar pemilik usaha Radja Pancake ini.
 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved