Herbal Foam Pembungkus Alternatif Ramah Lingkungan

Herbal Foam Pembungkus Alternatif  Ramah Lingkungan

Diposkan: 25 Jan 2018 Dibaca: 68 kali


ukmkotamedan,

Produk inovasi berbasis riset terus berkembang. Seperti di Universitas Sumatera Utara, Kamis (25/1/2018), mahasiswa Fakultas Tehnik Universitas Sumatera Utara (USU) menghasilkan karya herbal foam sebagai pembungkus alternatif. Sebuah kemasan ramah lingkungan yang juga bisa dikonsumsi.

Anggota Tehnopreneurship Center Universitas Sumatera Utara (USU), Buchari,menuturkan produk herbal foam tersebut merupakan binaan mereka. Bahkan produk herbal foam ini juga sudah diikutkan pamerkan dalam rangka Rakernas Kemenristekdikti di gelanggang Universitas Sumatera Utara, baru-baru ini. Produk ini, juga sudah meraih medali emas dalam ajang perlombaan, World Inventionn Intellec­tual Property Association (WIIPA) di awal

Buchari menambahkan, kehadiran produk ini juga tidak terlepas dari adanya kebutuhan pasar sekarang yang cukup potensial. Apalagi saat ini, kemasan yang beredar itu masih styroafoam yang mengandung bahaya. “Sebagaimana kita ketahui, WHO sendiri sudah melarang penggunaannya, dan pemerintah Malaysia juga. Di Indonesia Bandung juga melarang penggunaan styrofoam sebagai kemasan kuliner,”ujarnya.

Kemudian dari sini, sambungnya dibuatlah riset sebagai pengganti styrofoam dalam bentuk herbal foam. “Ini terdiri dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar lingkungan kita. Seperti getah akasia, pandan ditambah dengan bahan chitosan yang didapatkan dari cangkang udang atau kepiting. “Jadi ini juga menggunakan bahan yang seharusnya limbah, namun dimanfaatkan jadi bahan baku,”ujarnya. Sejauh ini sambungnya, untuk modelnya juga masih berupa gelas, ini disebabkan keterbatasan peralatan penilitian.

Oleh karenanya, kedepan, pihaknya akan difasilitasi dalam bentuk Calon Pengusaha Pemula Berbasis Tehnologi (CPPBT) Kementerian Riset dan Tehnologi. Sehingga nantinya, bisa memproduksi dengan menggunakan tehnologi. “Saat ini, prosesnya masih manual, termasuk dalam pengeringannya masih alami,”ujarnya, Sehingga kedepannya bisa mengunakan peralataan agar bisa diproduksi dalam jumlah massal.

Untuk diketahui produk herbal foam merupakan hasil riset tiga mahasiswa Fakultas Tehnik Jurusan Kimia Industri masing-masing, Aprial Syahputra, Risdarwanto dan Andreasen P Chaidir misalnya.Herbal foam ini sebut Aprial Syaputra, merupakan inovasi yang dibuat berawal dati rasa prihatin terhadap penggunaan pembungkus makanan berupa plastik dan styrofoam yang disebutkan bisa menyebabkan kanker dan mengganggu kesehatan reproduksi.(ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved