2018, Perda UKM Didorong

2018, Perda UKM Didorong

Diposkan: 02 Jan 2018 Dibaca: 73 kali


ukmkotamedan,

Peraturan Daerah (Perda) untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumatera Utara dinilai urgent. Sehingga di tahun 2018, kehadiran regulasi dalam upaya mengayomi UKM dinilai penting dan akan menjadi prioritas.

“Tahun depan, akan fokus di UKM. Tahun kemarin, fokus ke pariwisata, dengan menyelesaikan satu perda rencana induk pariwisata,”ujar Sekretaris Komisi B DPRD Sumut, Satrya Yudha Wibowo, Rabu (27/12/2017).

Satrya yang mengaku setahun ini berada di Komisi B yang membidangi perekonomian termasuk didalamnya UKM,  belum melihat adanya program prioritas dari pemerintah untuk mendorong pertumbuhan UKM. “Selama satu tahun ini, yang saya perhatikan tidak ada hal hal yang sifatnya untuk mendorong bagaimana UMK ini mendapatkan perhatian lebih untuk naik kelas,”ujarnya.

Sehingga sambungnya, di tahun tahun 2018 pihaknya akan menjadikan hal ini sebagai prioritas dengan membuat Perda UKM. “Nantinya dalam Perda itu akan mengatur hal-hal yang nantinya dapat mendorong UKM bertumbuh dan naik kelas,”katanya.

Jadi sambungnya, program yang diberikan untuk UKM itu tidak hanya sekedar saja. Dalam artian, sekedar program rutinitas. Seperti memberikan bantuan yang sifatnya langsung. Karena sebenarnya, UKM ketika sudah berjalan yang diberikan pemerintah itu, akses yang lebih luas. Termasuk masalah keamanan usaha, perizinan.

“Jadi sebenarnya tugas pemerintah memberikan pelayanan. Karena saya yakin, tanpa adanya dukungan pemerintah dengan bantuan-bantuan  itu, pelaku UKM pasti akan tetap berjuang untuk memajukan usahanya,”ujarnya.

Namun jika ada hambatan-hambatan, makanya kita mendorong bagaimana menghilangkan hambatan itu. Sehingga UKM bisa bersaing ditingkat global. Apalagi jika dibandingkan dengan provinsi lain seperti Jawa Barat, UKM di Sumut ini sangat kontras. “Jauh sekali perhatian pemerintah terhadap UKMnya. Disini, nyaris tidak ada kecuali hanya rutinitas semata,”ujarnya seraya berharap adanya masukan dari berbagai wadah atau komunitas UKM untuk memberikan masukan untuk mewujudkan lahirnya Perda UKM tersebut.(ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved