Bajeelon, Usaha Sablon dari Rumah

Bajeelon, Usaha Sablon dari Rumah

Diposkan: 16 Jan 2018 Dibaca: 156 kali


ukmkotamedan,

Bajeelon, berarti bajuku dalam bahasa Aceh ini sekilas memang menggambarkan makna baju atau pakaian yang kita kenakan. Bajeelon merupakan usaha rumahan yang melayani jasa sablon. Bermula sejak tahun 2014, Bajeelon diprakarsai Wahyu Herry Utama bersama Tria Nanda (sang istri) dan Tri Suci Wulandari (adik dari Wahyu). Bermodalkan otodidak Wahyu, usaha yang awalnya sampingan, justru semakin menjanjikan.

“Waktu itu kalau gak salah, awalnya ikut usaha sablon dipinggir jalan, menerima jasa sablon untuk kaos,” jelas Tria Nanda, yang akrab disapa Nanda, saat ditemui di kediamannya, Jalan Air Bersih, Medan, Selasa (16/1/2018).

Dari sini, setahun kemudian Wahyu memutuskan membuka sendiri jasa sablon. Uci sapaan akrab Tri Suci Wulandarai, yang menguasai bidang desain, juga memutuskan ikut membangun Bajeelon dari segi modal.

“Pada saat itu kita semua masih kerja dikantoran, saya bekerja di media advertising, kak Nanda juga masih bekerja. Jadi modal kita dapatkan dari gaji masing-masing,”jelas Uci. Orderan pertama didapatkan dari teman-teman mereka. Nanda dan Uci akhirnya memilih berhenti bekerja, dan membangun Bajeelon. Seiring berjalan waktu, Bajeelon mulai dikenal konsumen dan pelanggan.

Bajeelon sendiri pun menerapkan sistem sablon manual baik dari mencetak film hingga proses pencetakan gambar. “Dulu Bajeelon tidak membatasin penerimaan jumlah sablonan, mulai dari satuan. Tapi kini dengan ramainya pemesanan dan untuk meningkatkan usaha, penerimaan jasa sablon minimal 1 lusin per satu desain sablon,”ujarnya.

Bajeelon membidik pangsa pasar, khususnya kawula muda, lembaga pendidikan hingga coorporate.“Target sablon ini memang memiliki konsumen yang tidak terbatas, itu sebabnya dengan usaha sablon kaos ini bagi Uci sangat ber-potensial dan ia optimis peluangnya cukup menjanjikan apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh dan ketelatenan,”sambungnya.

“Kaos kan barang yang pangsa pasarnya luas, jadi pontensi yang Bajeelon punya juga cukup besar,” jelas Nanda menambahi. Berkembangnya tren dan keinginan pasar dengan produk sablon kaos, menjadikan salah satu peluang untuk bajeelon.

"Beberapa brand kaos distro di Medan mempercayakan sablonannya ke kita. Ada beragam pelayanan jasa sablon yang kita tawarkan, mulai dari menerima jasa sablonan kaos yang bisa dijual kembali, juga jasa sablon sebagai seragam atau pesanan dari kantor dan sekolah-sekolah, juga komunitas di kota Medan," jelas Nanda.

Untuk jasa sablon harga yang diterapkan mulai dari 25ribu rupiah perkaos, tergantung teknik desain dan banyaknya warna yang digunakan."Biasanya ada berapa tahapan proses yang diterapkan, mulai dari menetapkan desain, pencocokan warna dan finishing," jelas Uci yang berharap ke depan, selain menghasilkan jasa sablon, Bajeelon juga punya produk sendiri yang bisa dipasarkan. Selain meningkatkan kualitas dan mutu, pihaknya juga ingin mengembangkan teknik sablon, semisal untuk teknik pewarnaan agar pelanggan merasa puas. (ukm03)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved