Pemerintah Alokasikan Rp 100 Miliar Dana Bergulir Bagi Start Up

Pemerintah Alokasikan Rp 100 Miliar Dana Bergulir Bagi Start Up

Diposkan: 19 Apr 2018 Dibaca: 14 kali


UKMKOTAMEDAN.COM-MEDAN

Pemerintah mengalokasikan dana bergulir sebesar Rp 100 milliar bagi start up melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Braman Setyo, Selasa (17/4/2018) menyebutkan rencana pembiayaan untuk tahun 2018 ini senilai Rp 1,2 triliun. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 750 miliar disalurkan melalui lembaga konvensional sedangkan Rp 450 miliar lainnya secara syariah.

Dari total jumlah tersebut sambungnya dialokasikan sebesar Rp 360 miliar diperuntukkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk didalamnya start up sebesar Rp 100 miliar. Selebihnya disalurkan melalui lembaga simpan pinjam, koperasi sektor real, dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dan Lembaga Keuangan Bank (LKB).

Disebutkannya, pembiayaan sebesar Rp 100 milliar ini bisa diakses pelaku usaha yang merupakan ana-anak muda di sektor ekonomi kreatif. “Kalau memang disini ada anak-anak muda yang bergerak dibidang 16 sub sektor ekonomi kreatif, kami bisa menunjuk beberapa lembaga keuangan bukan bank seperti modal ventura, mereka bisa memberikan pendampingan.Oleh karenanya,  biaya pendampingan itu 4,5% dari 5 persen. Channeling tetap yang bertanggungjawab kepada anak-anak muda yang butuh pembiayaan,”ujarnya pada saat sosialiasi penyaluran dana bergulir, di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumut.

Bagi pelaku usaha bisnis start up yang mengajukan pembiayaan ini sambungnya, tetap melalui melalui evaluasi di Jakarta. Ini untuk melihat, apakah mereka layak mendapatkan bantuan dana bergulir atau tidak. “Sehingga nantinya tim yang akan memutuskan.Tidak hanya sendiri saya yang memutuskan, tapi komite didalamnya itu ada bisnis, ada pengembangan usaha, kita  akan bicarakan kalau memang itu prospeknya bagus, kenapa tidak dibiayai,”ujarnya seraya menambahkan informasi tersebut bisa diakses melalui http://www.lpdb.id. (UKM01)

 

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved