Produk Inovatif Mahasiswa Didorong Masuk ke Pasar

Produk Inovatif Mahasiswa Didorong Masuk  ke Pasar

Diposkan: 26 Jan 2018 Dibaca: 156 kali


ukmkotamedan,

Tehnopreneurship Center Universitas Sumatera Utara (USU) mendorong produk inovatif mahasiswa untuk masuk ke pasar. Sehingga karya mahasiswa yang dihasilkan berbasis riset dan tehnologi ini, tidak hanya dikenal tingkat laboratorium saja.

Ketua Tehnopreneurship Center Universitas Sumatera Utara (USU), Ir Nazaruddin MT. Ph.D, Jumat (26/1/2017) mengatakan melalui Tecnopreneur Center, pihaknya ingin mengembangkan produk-produk berbasis tehnologi, agar bisa dipasarkan dan produksi secara massal kedepannya.

Selama ini jelas Nazaruddin, kebanyakan produk di perguruan tinggi terutama di Fakultas Tehnik, hanya dikenal pada tingkat laboratorium saja. Padahal sebenarnya, jika dikembangkan, memiliki nilai dan potensi pasar yang begitu menjanjikan. Seperti herbal foam, kemasan pengganti styrofoam.

Setahun berjalan jelas Nazaruddin, tepatnya ditahun 2017 dari proses seleksi yang diikuti sedikitnya 20 kelompok mahasiswa dari berbagai semester dengan masing-masing kelompok sebanyak tiga orang, menghasilkan lima produk inovatif. Salah satunya, herbal foam. Sebuah produk kemasan yang selain ramah lingkungan dan higenis juga bisa dikonsumsi.

Kemudian kompor bioetanol yang menggunakan bahan baku dari ampas tebu. Ini menghasilkan kompor dengan api biru serta anti meledak. “Ini juga sudah kita hitung biaya produksinya lebih murah dari gas,”sambungnya serta briket yang menggunakan ampas dari tebu yang bisa dijadikan bahan bakar yang tidak berbau.

Sesuai jargon Tehnopreneur sambung Nazaruddin yang juga Ketua Program Studi Magister dan Doktor Tehnik Industri Fakultas Tehnik Universitas Sumatera Utara,“From lab to market, pihaknya ingin menginisasi produk inovasi tersebut hingga ke market.

Memang di tahun pertama, pihaknya fokus di masih fokus melakukan penjaringan di Fakultas Tehnik. Namun di tahun kedua, akan merambah fakultas eksakta. “Kemudian target kita di tahun ketiga akan merangkul fakultas non eksakta. Artinya semua mahasiswa usu. Ini akan dilakukan secara bertahap,”ujarnya.(ukm01)


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved