Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Produk Turunan Nilam Semakin Dikembangkan

Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Produk Turunan Nilam Semakin Dikembangkan

Diposkan: 26 Jan 2018 Dibaca: 227 kali


ukmkotamedan,

Produk turunan nilam di Provinsi Aceh semakin dikembangkan. Jika selama ini, hanya menghasilkan minyak nilam yang diproduksi secara konvensional dan dipasarkan dengan harganya yang sangat berfluktuatif. Namun tercatat, setahun terakhir dengan sentuhan riset dan tehnologi, nilam tersebut sudah menghasilkan beragam produk inovatif seperti balsem, aroma terapi aromaterapi untuk spa, lilin aromatik, deterjen.

Langkah ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani nilam. Adalah Atsiri Reseach Center (ARC)Universitas Syiah Kuala, setahun terakhir yang giat melakukan riset dan penelitian. Selama melakukan riset, beragam persoalan yang ditemukan, baik dihulu maupun di hilir.

Direktur Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala, DR Syaifullah Muhammad, ST, M. ENG, Kamis (24/1/2018), menuturkan nilam terbaik di Indonesia sebenarnya berada di Aceh. Namun sayangnya, dalam proses penyulingannya masih sangat konvensional dengan menggunakan drum bekas. Sehingga minyak yang dihasilkan memiliki kualitas rendah dan banyak membuang energi.

Oleh Kementerian Risetdikti sambungnya Syaifullah Muhammad, ARC Unsiyah diberi grand untuk meneliti bagaimana menyuling minyak nilam itu menjadi lebih baik. “Setelah satu tahun sambungnya, pihaknya berhasil melakukan penyulingan minyak nilam ini, dengan hasil seperti minyak goreng. Dan ini disukai untuk parfum. Meskipun minyak nilam yang warnanya gelap ada marketnya tersendiri. Kita berhasil melakukan itu, juga inovasi-inovasi turunannya,” ujarnya.

Semua produk yang ada aromatiknya sambungnya, bisa diintervensi dengan penambahan nilam. “Sebuah aroma yang hanya bertahan dua sampai tiga jam, namun dengan nilam, akan bisa bertahan lebih lama, tergantung konsentrasinya,”jelasnya. 

Hal inilah yang menyebabkan nilam dari Indonesia itu dikejar oleh industri-industri parfum dunia, seperti Amerika, Paris, Australia, Belanda. “Dan ini menjadi kekuatan kita, karena khasnya ada di tempat kita. Karena nilam tidak mungkin tumbuh di eropa, karena iklimnya berbeda,”ujarnya seraya menambahkan nilam Indonesia itu sangat dibutuhkan di dunia untuk digunakan sebagai bahan baku untuk parfum ataupun kosmetik. 

Tidak hanya mengembangkan dengan beragam beragam produk, ARC juga memberikan pelatihan bagi masyarakat untuk bisa membuat produk turunan dari nilam ini. Seperti dalam kegiatan Rakernas Kemenristekdikti  yang dirangkai dengan pameran digelar di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) baru-baru ini, ARC menampilkan sejumlah produk masyarakat binaan mereka, seperti balsem, aroma terapi aromaterapi untuk spa, lilin aromatik. (ukm01)

 


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Portal UKM Kota Medan © 2018. Alcompany Indonesia.
All Rights Reserved